OTAK

Berikut ini adalah 5 fakta menarik mengenai otak manusia
1. Otak Anda Masih Tetap Aktif Bahkan Apabila Kepala Anda Terputus
Berdasarkan observasi dari beberapa kisah yang ada bahwa otak manusia masih tetap berfungsi aktif selama beberapa detik setelah kepalanya terputus. Namun para dokter mempercayai hal tersebut sebagai sebuah refleksi dari hentakan otot belaka.
Dokter Harold Hillman, seorang mantan direktur sebuah laboratorium gabungan dari biologi sistem saraf pada Universitas Surrey mengatakan bahwa kematian seseorang terjadi akibat pemisahan antara otak dengan saraf tulang belakang, namun sayangnya banyak negara tidak mempercayai metode pemikiran tersebut.
2. Otak Anda Dapat Mempelajari *Subliminal Messages 
 
Otak dapat mempelajari pesan yang berasal dari sebuah alam bawah sadar yang akan mempengaruhi perilaku seseorang. Banyak perusahaan menggunakan hal ini sebagai sarana promosi untuk mempengaruhi seseorang untuk membeli produk mereka.*Subliminal Messages adalah sebuah sinyal atau pesan yang tersimpan dalam objek lain yang didesain sedemikian rupa untuk melewati batas normal persepsi seseorang.
3. Obat-Obatan Dapat Menimbulkan Lubang Di Otak Anda
 
Ada sebuah studi menyatakan bahwa penggunaan obat-obatan seperti mariyuana dapat meringankan sedikit ingatan, sedangkan obat-obatan seperti kokain atau ekstasi dapat menimbulkan lubang di otak. Sebenarnya satu-satunya hal yang dapat menimbulkan lubang di otak adalah akibat trauma ataupun benturan fisik.

Sebagai tambahan, sebuah studi dari New Scientist menyatakan bahwa penggunaan obat dalam jangka panjang dapat menyebabkan pertumbuhan abnormal pada otak secara permanen, maka tak heran bila sangat sulit untuk mengubah perilaku seorang pecandu.

4. Otak Anda Berwarna Abu-Abu
http://www.indojamtangan.com
Beberapa bagian tubuh memiliki warnanya sendiri seperti darah, jaringan halus, tulang ataupun cairan lainnya dalam tubuh. Sedangkan otak manusia, bila diawetkan di sebuah tabung, bila sedang berdenyut, maka sebagian besar berwarna abu-abu, oleh sebab itu, otak biasanya disebut dengan grey matter.Otak juga sebagian memiliki warna putih yang merupakan serat jaringan saraf yang menghubungkan ke grey matter, biasa lapisan berwarna putih ini disebut dengan nama ganglia dasar atau white matter.
5. Otak Anda Adalah Otak Yang Berukuran Terbesar
 http://www.unikgaul.com
Beberapa hewan dapat menggunakan otak mereka untuk melakukan berbagai macam hal yang dapat dilakukan oleh manusia. Namun faktanya, otak manusia memiliki ukuran yang besar bila dibandingkan dengan otak hewan apapun. Berat rata-rata dari otak manusia dewasa adalah 1.361 kilogram, berat tersebut nyaris sama dengan otak lumba-lumba yang dianggap sebagai hewan yang cerdas.Namun bila berat dari otak dibandingkan dengan ukuran tubuh, maka otak manusia lah yang paling besar. Lebih lanjut, kecerdasan juga dihubungkan dengan berbagai komponen yang terdapat di otak, dan mamalia memiliki *cerebral cortex terbesar yang berfungsi untuk mengingat, berkomunikasi dan berpikir.*Cerebral Cortex atau Korteks serebral (Korteks otak besar) adalah lembaran jaringan saraf yang paling luar dari suatu otak mamalia.