MS.EXCEL

Rumus Excel kali ini mimin akan membahas lebih dalam dan contoh perumusan atau penulisan rumus-rumus mengenai beberapa fungsi diatas.
 
Oke baiklah kita tak usah berlama-lama membahas apa itu microsot excel, mari kita langsung saja merumuskan nya dalam bentuk logika, mari disimak ya…KLIK DISINI

Rumus excel lengkap – Perkembangan tekhnologi mengharuskan kita untuk selalu terus mengembangkan pengetahuan dan ketrampilan, terutama dalam hal ini di bidang komputerisasi, why? Komputer sudah menjadi kebutuhan kita sehari-hari, baik dalam urusan perkantoran, perusahaan, sekolah, bahkan dalam hal penulisan Raport pun sekarang sudah membutuhkan komputer.

Jadi penting bagi kita untuk terus menggali perkembangan dan fasilitas yang ada di komputer sehingga pekerjaan kita bisa menjadi lebih cepat selesai, efesien dan akurat. Bagi seorang guru, sekarang di tuntut untuk menguasai beberapa program aplikasi terutama dalam hal ini  Microsoft Excel karena guru sering berhubungan dengan nilai atau angka yang harus di kelolah. Apalagi sekarang dalam pembuatan Hasil Belajar (Raport) sudah menggunakan komputer terutama program Ms. Excel.

Dalam postingan kali ini penulis ingin berbagi pengetahuan dalam hal penulisan rumus untuk merubah nilai Angka menjadi Huruf dalam penulisan Raport Siswa. Topik ini sebenarnya menjadi materi dasar pada kebanyakan kursus-kursus  microsoft excel. Meski begitu beberapa dari kita kadang masih sedikit kebingungan. Kaidah penulisannya tergantung dari masing-masing kebijakan sekolah, ada yang menggunakan nilai satuan dengan dua angka di belakang koma; contoh 7,65, dan ada yang menggunakan nilai puluhan dengan satu angka di belakang koma; contoh 76,5.

Adapun fungsi atau rumus yang di gunakan merupakan gabungan atau kombinasi dari beberapa rumus sehingga menghasilkan tujuan yang dimaksud.

Langkahnya adalah, terlebih dahulu kita harus membuat tabel data angka beserta huruf, sebagaimana contoh di bawah ini

tabel data
Tabel ini nantinya akan digunakan sebagai dasar dalam penulisan format huruf menggunakan bantuan sebuah formula sederhana

Kemudian buatlah format Raport yang akan di isi, misalnya

contoh format raport

Setelah ada data tabel dan format raportnya sekarang kita masukkan rumusnya mengubah angka menjadi huruf sebagai berikut;

Melihat data di atas berarti kita memasukkan rumus pada sel D8, (merubah nilai Angka menjadi Huruf).

Rumus yang digunakan adalah:

=VLOOKUP(LEFT(C8,1)*1,$F$3:$G$12,2)&” Koma “&VLOOKUP(MID(C8,3,1)*1,$F$3:$G$12,2)&” “&VLOOKUP(RIGHT(FIXED(C8),1)*1,$F$3:$G$12,2)

Untuk lebih jelas lihat hasil perumusan di bawah ini.

hasil perumusan

Catatan :
jika komputer anda menggunakan setting Bahasa Indonesia maka gunakan tanda koma (,) sebagai pemisah angka desimal, sedangkan jika komputer anda menggunakan setting bahasa Inggris maka gunakan tanda titik (.)
Kesalahan penulisan tanda baca akan menghasilkan pesan error #VALUE! untuk hasil akhirnya. Begitu juga dengan bentuk penulisan rumus berbeda dengan format angka, akan menghasilkan #VALUE! (lihat data di atas yang berwarna merah)

Untuk penulisan rumus pada format yang puluhan sebagaimana pada jumlah adalah:

=VLOOKUP(LEFT(C18,1)*1,$F$3:$G$12,2)&”  “&VLOOKUP(MID(C18,2,1)*1,$F$3:$G$12,2)&” Koma “&VLOOKUP(MID(C18,4,1)*1,$F$3:$G$12,2)& “  “&VLOOKUP(RIGHT(FIXED(C18),1)*1,$F$3:$G$12,2)

Begitula materi kursus excel online tentang cara membuat raport sederhana dengan memanfaatkan rumus excel dari microsoft office ini. Sekian selamat mencoba,,semoga bermanfaat untuk kita semua.

Seperti yang diketaui dalam materi kursus-kursus online ataupun offline, Microsoft Excel selalu memberikan kemudahan kepada penggunanya. Kemudahan dalam memanfaatkan fungsi-fungsi yang terdapat pada excel untuk bisa diterapkan dalam membantu suatu pekerjaan yang berhubungan dengan excel.

Fungsi tombol pada excel biasanya dipakai untuk menyimpan data, membuka data, atau menghapus data. Dan pada kesempatan ini akan membahas tentang fungsi tombol yang digunakan untuk merubah warna dengan memanaatkan fungsi developer.

Terlebih dahulu, buka Microsoft excel, kemudian letakan kursor pointer pada sel B3, seperti ini.

fungsi tombol pada tab developer excel 1Selanjutnya arahkan kursor ke tab develover, pilih Recor Macro. Maka akan tampil jendela berikut.

memunculkan fungsi tombol pada tab developer excelMacro name Isi dengan tulisan “Kuning”, Klik OK. Pada saat excel berada pada kondisi sedang merekam, kita buat sebuah tabel dengan diberi warna kuning.

fungsi macro pada tab developer excelKemudian arahkan kembali ke tab developer, klik bagian Stop Recording. Setelah itu kembali tempatkan kursor pada sel B3.

fungsi tombol pada tab developer excel 4

Selanjutnya arahkan kursor ke tab develover, pilih Record Macro. Maka akan tampil jendela berikut.

letak record macro pada tab developer excelMacro name Isi dengan tulisan “Merah”, Klik OK. Pada saat excel berada pada kondisi sedang merekam, kita ubah tabel warna kuning menjadi merah, seperti berikut.

Fungsi tombol pada tab developer excelKemudian arahkan kembali ke tab developer, klik bagian Stop Recording. Masih pada tab developer, pilih bagian insert. Lalu pilih button seperti berikut.

fungsi tombol pada tab developer microsoft excel 7Klik bagian button tersebut, maka akan muncul jendela Assign Macro, pada klom macro name kita pilih tulisan Kuning, Klik Ok. seperti berikut.

fungsi tombol excelSetelah itu tempatkan button tersebut di samping tabel yang telah di beri warna, kemudian klik kanan pada button, pilih edit text. Ubah nama Button1 dengan nama kuning. Selanjutnya kembali lagi ke tab developer, pilih insert, Lalu pilih button. Klik bagian button tersebut, maka akan muncul jendela Assign Macro, pada klom macro name kita pilih tulisan Merah, Klik Ok. Ganti nama Button2 dengan tulisan Merah. Maka hasilnya seperti beikut.

membuat fungsi tombol pad excelMari kita lakukan uji coba, klik tombol Merah, apa yang akan terjadi? Ya warna tabel akan berubah menjadi warna merah. Seperti berikut.

membuat fungsi tombol pada excel

Dan begitu pun sebaliknya, jika tombol Kuning di klik maka tabel warna merah akan berubah jadi warna Kuning, Ajaib Bukan?

Kesimpulan, belajar menggunakan fungsi tombol sebenarnya tidak sulit, yang penting kita mau untuk belajar, dan belajar yang baik bisa dimulai dari tahap dasar dahulu, sebelum beranjak ke tahap yang lebih  menakjubkan lagi dari ketersediaan fungsi-fungsi yang dihadirkan oleh Microsoft Excel..

Di dalam salah satu postingan kami terdapat bahasan tentang mengatur nomor urut dengan rumus microsoft excel yang penerapannya sesuai dengan data yang ada. Kali ini kami akan melanjutkan pembahasannya mengenai pengaturan penomoran yang tidak berurutan, maksudnya nomor urut itu akan muncul dengan tidak berurutan sesuai data, kalau datanya urut nomor itu akan urut tetapi jika datanya tidak urut maka nomor yang muncul juga tidak urut.

Coba lihat data di bawah ini;

Gambar 1 pengaturan nomor urutData di atas sengaja kami tulis tidak runtut (loncat-loncat) dan untuk menampilkan nomor urut yang belum ada (yang diberi tanda tanya), maka diperlukan rumus/fungsi excel untuk memunculkannya.

Untuk kasus data di atas, yang akan kita munculkan adalah nomor urut yang tidak berurutan/runtut

Mari kita masukkan dulu fungsi yang dibutuhkan dan selanjutnya lihat hasilnya.

Tulis rumus pada cell A4

=IF(B4=””,””,ROWS($B$5:B5))

Dan lihat hasilnya sebagai berikut;

Gambar 2 pengaturan nomor urutSekali lagi nomor urut akan muncul jika ada datanya, jika datanya tidak urut maka nomor urut juga tidak urut sebagaimana gambar di atas.

Bandingkan dengan materi Mengatur Nomor Urut dengan Rumus Excel sebagai salah satu contoh penggunaan rumus if sebelumnya.

Demikian pengaturan nomor urut semoga bermanfaat, dan mempermudah kita dalam mengerjakan tugas atau pekerjaan kita sehari-hari.

Selamat mencoba.

Bekerja dengan excel memang sangat menyenangkan,,ada banyak fasilitas yang bisa kita gunakan demi kelancaran kerja kita, salah satu hal yang sangat menarik adalah ketika kita ingin mengatur angka.

Dalam hal ini rumus lengkap ingin berbagi tips tentang pengaturan angka, yaitu pengaturan rentang angka secara otomatis dengan menggunakan rumus excel.

Tips ini barangkali bisa berguna ketika kita menentukan rentang angka sebagai pedoman penilaian atau kriteria tertentu.

Berikut adalah salah satu contoh Rentang Angka yang bisa kita gunakan.

Contoh Membuat rentang angka otomatisBagaimana cara pengaturan data di atas??

Pada kolom A tulis rumus sebagai berikut:

=(ROW()-1)*5 +1& “-” & ((ROW()-1)*5) +5

Pada kolom C tulis rumus sebagai berikut:

=(ROW()-1)*10 +1& “-” & ((ROW()-1)*10) +10

 

Lihat perbedaan dalam penulisan rumusnya dan silahkan praktekkan di dokumen excel anda.

Lakukan beberapa percobaan sesuai dengan kriteria yang anda inginkan.

Semoga tips singkat ini membantu anda dalam menyelesaikan pekerjaan—terutama yang berhubungan dengan angka. Terimakasih,,semoag manfaat

Apakah anda puas dengan tips ini?????

Fungsi substitute dalam rumus Microsoft Excel berguna untuk mengganti teks yang lama dengan sebuah teks yang baru. Fungsi ini dipergunakan untuk anda yang ingin menggantikan teks tertentu saja sementara untuk penggantian segala jenis teks dipergunakan fungsi REPLACE

Penulisan rumus atau Sintaks untuk fungsi Substitute excel ini adalah:

SUBSTITUTE(teks, teks_lama, teks_baru, instance number)

Penjelasan untuk sintaks ini adalah:
• Teks, mengacu pada rangkaian teks atau alamat sel dari teks yang akan diganti dengan teks yang baru
• Teks_lama, mengacu pada rangkaian teks atau kata ataupun huruf yang akan diganti
• Teks_baru, mengacu pada rangkaian teks atau kata ataupun huruf yang akan dipergunakan sebagai teks pengganti
• Instance number, mengacu pada kata keberapa sebuah teks yang ingin diganti. Jika hal ini tidak ditentukan, maka setiap kali teks lama muncul maka akan digantikan dengan teks baru.

Beberapa contoh untuk penggunaan fungsi Substitute adalah:
Contoh data yang ada berupa gambar berikut:
data menta untuk belajar rumus substitute excel

Dari gambar data diatas, penggunaan fungsi Substitute yang bisa dilakukan misalnya:
=SUBSTITUTE(A2, Film, Sinetron), yang akan mengganti kata film dengan sinetron sehingga menjadi Judul Sinetron

=SUBSTITUTE(A3, Penjualan, Pemasukan), yang akan mengganti kata penjualan denganpemasukan sehingga menjadi Data Pemasukan

=SUBSTITUTE(A4, 1, 2, 2), yang akan mengganti angka 1 pada kata ketiga pada data di sel A4 dengan angka 2 sehingga menjadi Bulan 1, 2002
Bagaimana cara merubah seperti keinginan kita diatas pada lembar kerja excel secara otomatis? Perhatikan gambar berikut! Klik untuk memeperbesar

cara dan contoh hasil penggunaan rumus substitute excel

Bagaimana cara penulisan rumus substitute dari kolm DATA ASAL berubah menjadi kolom DATA PENGGANTI? Berikut cara penulisannya:
Kolom B2 adalah =SUBSTITUTE(A2,”Film”,”Sinetron”)
Kolom B3 adalah=SUBSTITUTE(A3,”Penjualan”,”Pemasukan”)
Kolom B4 adalah=SUBSTITUTE(A4,”1″,”2″,2)

Begitulah pengantar rumus excel subsitute untuk fungsi teks pada lemabr kerja  Microsoft agar bisa membantu pekerjaan administrasi menjadi ringan.

Pada kesempatan ini, saya akan membahas tentang bagaimana cara membuat isian data di excel dengan menggunakan fungsi VBA. Seperti yang diketahui, VBA merupakan sebuah halaman padaMicrosoft Excel yang digunakan untuk menuliskan code visual basic, dengan code tersebut kita dapat membuat berbagai form yang dibutuhkan. Dengan VBA tersebut kita juga dapat memungkinkan membuat sebuah aplikasi di Microsoft Excel.

Tanpa panjang lebar, mari kita langsung saja untuk membuat isian data menggunakan fungsi VBA. Yang mana form isian data ini dapat memudahkan kita menginputkan data dengan cepat dan lebih aman. Berikut langkah-langkahnya.

1. Langkah pertama, siapkan terlebih dulu data tabel di lembar kerja Excel seperti berikut.

cara 1 membuat isian data excel dengan fungsi VBA2.  Selanjutnya membuat tombol tambah, caranya arahkan kursor ke Tab Developer > Insert > CommandButton (ActiveX Control).

cara 2 membuat isian data excel dengan fungsi VBA3.  Lalu posisikan tombol tersebut sesuai kebutuhan, ganti nama tombol dengan tulisan Tambah, caranya klik kanan pada tombol lalu pilih CommandButton Object >> Edit. Hasilnya seperti berikut.

cara 3 membuat isian data excel dengan fungsi VBA4.  Kemudian klik kanan pada tombol Tambah, pilih View Code, maka akan tampil halaman Visual Basic for Application, kemudian isikan code berikut ini.

Private Sub CommandButton1_Click()

UserForm1.Show

End Sub

Seperti pada tampilan berikut. (catatan, simpan halaman dengan nama IsianData.xlsb)

cara 4 membuat isian data excel dengan fungsi VBA5.  Kemudian klik kanan pada tulisan “VBAProject (IsianData.xlsb)”, lalu pilih insert >> UserForm, seperti tampilan berikut.

cara  5 membuat isian data excel dengan fungsi VBA6.  Selanjutnya buat tiga buah TextBox dengan satu tombol CommandButton, contohnya seperti tampilan berikut.

cara 6 membuat isian data excel dengan fungsi VBA7.  Kemudian double klik pada button Simpan, setelah itu masukan code seperti berikut.

 

Private Sub CommandButton1_Click()

Set wsDtbsBrg = Sheets(“Sheet1″)

RecordAkhir = wsDtbsBrg.Cells(wsDtbsBrg.Rows.Count, “B”). _

End(xlUp).Offset(0, 0).Row

With wsDtbsBrg

.Cells(RecordAkhir + 1, 1).Value = TextBox1.Value

.Cells(RecordAkhir + 1, 2).Value = TextBox2.Value

.Cells(RecordAkhir + 1, 3).Value = TextBox3.Value

End With

Unload Me

End Sub

 

Private Sub Textbox3_KeyPress(ByVal KeyAscii _

As MSForms.ReturnInteger)

Select Case KeyAscii

Case Asc(“0″) To Asc(“9″)

Case Else

KeyAscii = 0

End Select

End Sub

 

Seperti pada tampilan berikut. (catatan, setelah code di atas di tuliskan atau Anda bisa meng-copy pastenya, lalu save halaman?

cara 7 membuat isian data excel dengan fungsi VBA8.  Setelah itu Anda kembali lagi ke lembar kerja Excel, untuk mengaktifkan tombol “Tambah”, Anda bisa arahkan kursor ke tab Developer >> Design Mode.

cara 8 membuat isian data excel dengan fungsi VBA9.  Sekarang Anda coba klik tombol “Tambah”, jika tombol tersebut berfungsi maka akan muncul form dialog isian, dan coba Anda isi bagian Nama, Alamat dan No telepon, kemudian Klik Simpan, seperti berikut.

cara 9 membuat isian data excel dengan fungsi VBA10.  Maka pada tabel data akan terisi sesuai dengan data yang di inputkan pada form isian data. Jika Anda ingin menambahkan data lebih banyak lagi, cukup klik tombol “Tambah” dan lakukan pengisian data seperti pada no 9 diatas.

cara 10 membuat isian data excel dengan fungsi VBADengan demikian, jika Anda ingin mengisi data tabel hanya tinggal klik tombol “Tambah” saja, maka akan tampil form isian data. Semoga bermanfaat.

 

Cara Menghitung Upah Lembur

Dasar yang dipakai dalam perhitungan ini adalah Keputusan Menakertrans NOMOR KEP. 102/MEN/VI/2004 TENTANG WAKTU KERJA LEMBUR DAN UPAH KERJA LEMBUR
Yang dimaksud upah lembur adalah upah yang berhak diterima oleh pekerja atau buruh diluar waktu kerja yang telah ditentukan, yakni melebihi 7 (tujuh) jam sehari dan 40 (empat puluh) jam 1 (satu) minggu untuk 6 (enam) hari kerja dalam 1 (satu) minggu atau 8 (delapan) jam sehari, dan 40 (empat puluh) jam 1 (satu) minggu untuk 5 (lima) hari kerja dalam 1 (satu) minggu atau upah yang diterima pada hari istirahat mingguan dan atau pada hari libur resmi yang ditetapkan Pemerintah.

Upah lembur dihitung per-jam.

Untuk mengetahui berapa upah lembur per-jam, maka harus diketahui dulu berapa upah pokok kita:
(1) Jika upah pekerja/buruh dibayar secara harian, maka penghitungan besarnya upah sebulan adalah upah sehari dikalikan 25 (dua puluh lima) bagi pekerja/buruh yang bekerja 6 (enam) hari kerja dalam 1 (satu) minggu atau dikalikan 21 (dua puluh satu) bagi pekerja/buruh yang bekerja 5 (lima) hari kerja dalam 1 (satu) minggu.
(2) Jika upah pekerja/buruh dibayar berdasarkan satuan hasil, maka upah sebulan adalah upah rata-rata 12 (dua belas) bulan terakhir.
(3)Dalam hal pekerja/buruh bekerja kurang dari 12 (dua belas), maka upah sebulan dihitung berdasarkan upah rata-rata selama bekerja dengan ketentuan tidak boleh lebih rendah dari upah minimum.
Cara perhitungan upah kerja lembur sebagai berikut :
Upah sejam adalah 1/173 kali upah sebulan.
Angka 1/173 didasarkan pada perhitungan sbb:
Dalam satu tahun  ada  52 minggu
Jadi dalam 1 bulan =  52/12  = 4,333333  minggu.
Total jam kerja/minggu = 40 jam
Jadi  Total jam kerja dalam 1 bulan =  40 X 4,33  =  173,33 dibulatkan menjadi 173 jam maka  untuk menghitung upah per jam yaitu upah perbulan / 173
Misal Upah jam sebulan Mr. James adalah Rp. 1.300.000,- maka upah se-jam Mr.James adalah 1.300.000 / 173 = 7.514.,5
Upah yang dijadikan patokan dalam penghitungan upah lembur adalah GP (gaji pokok) ditambah Tunjangan Tetap, sementara Tunjangan Tidak Tetap tidak bisa dipakai sebagai dasar perhitungan upah lembur.
Untuk memudahkan perumusan maka secara simpel boleh kita rumuskan sbb:
L1 = 1,5 kali upah sejam
L2 = 2 kali upah sejam.
L3 = 3 kali upah sejam.
L4 = 4 kali upah sejam

Melihat rumusan diatas maka perhitungan upah lembur untuk yang hari kerjanya 6 hari dapat dilihat sbb;
1. Apabila kerja lembur dilakukan pada hari kerja maka perhitungannya adalah:
1 Jam pertama dihitung (L1), 6 jam berikutnya dihitung (L2)
2. Apabila kerja lembur dilakukan pada hari istirahat mingguan dan/atau hari libur resmi maka :
7 (tujuh) jam pertama dihitung (L2) jam ke 8 (delapan) dihitung (L3) dan jam ke 9 (sembilan) dst dihitung (L4)

Sementara perhitungan upah lembur untuk yang hari kerjanya 5 hari dapat dilihat sbb;
1. Apabila kerja lembur dilakukan pada hari kerja maka perhitungannya adalah:
1 Jam pertama dihitung (L1), jam berikutnya dihitung (L2)
2. Apabila kerja lembur dilakukan pada hari istirahat mingguan dan/atau hari libur resmi maka : 8 (delapan) jam pertama dihitung (L2) jam ke 9 (sembilan) dibayar (L3) dan jam ke 10 (sepuluh) dst dihitung (L4)

Contoh penghitungan:
Gaji pokok James adalah Rp.1.250.000 tunjangan tetapnya sebesar Rp.50.000,-. James bekerja dengan sistem 6 hari kerja. Bulan ini james lembur terusan (lembur pada hari kerja) sebanyak 3 hari masing-masing 4 jam, serta pada saat hari libur kerja james lembur 1 hari selama 10 jam!
Dari pernyataan tsb didapat:
L1 sebanyak 3 jam
L2 sebanyak 16 jam
L3 sebanyak 1 jam
L4 sebanyak 2 jam
Upah sejam james adalah = 1.300.000/173 = Rp.7.514,5
Dengan demikian maka:
L1 = 3 x 1.5 x 7.514,5 = 33.815,5
L2= 16 x 2 x 7.514,5 = 240.464,0
L3= 1 x 3 x 7.514,5 = 22.543.5
L4= 2 x 4 x 7.514,5 = 60.116,0
Jadi total upah lembur james adalah:
= L1 + L2 + L3 + L4
= 33.815,5 + 240.464,0 + 22.543,5 + 60.116,0
= Rp. 356.939,0

Demikian semoga bermanfaat, mohon dikoreksi bila ada kesalahan.

Membuat formula terbilang di Excel, ini sangat berguna untuk yang suka membuat kwitansi dan invoice di usaha atau di kantor yang masih menggunakan aplikasi Ms.Office(Excel)
*Buka Aplikasi Excel
*Cari pada menu Developer ” Lihat pada gambar dibawah ini :”

*Pada pojok kiri,klik Visual Basic

*Berikutnya Pilih pada Modules

*Copy Paste Formula berikut ini pada Modules Excel Tersebut :

Public Function terbilang(ByVal N As Long) As String
Const Ribu = 1000&
Const Juta = Ribu * Ribu
Const Milliar = Ribu * Juta
‘Const Trillion = Thousand * Billion

Dim Buf As String: Buf = “”

If (N = 0) Then terbilang = “Nol”: Exit Function

If (N < 0) Then Buf = “Min “: N = -N

If (N >= Milliar) Then
Buf = Buf & EnglishDigitGroup(N \ Milliar) & ” Milliar”
N = N Mod Milliar
If (N) Then Buf = Buf & ” ”
End If

If (N >= Juta) Then
Buf = Buf & EnglishDigitGroup(N \ Juta) & ” Juta”
N = N Mod Juta
If (N) Then Buf = Buf & ” ”
End If

If (N >= Ribu) Then

If N \ Ribu = 1 Then
Buf = Buf & “Seribu”
Else
Buf = Buf & EnglishDigitGroup(N \ Ribu) & ” Ribu”
End If

N = N Mod Ribu

If (N) Then Buf = Buf & ” ”

End If

If (N > 0) Then
Buf = Buf & EnglishDigitGroup(N)
End If

terbilang = Buf + ” Rupiah   #”
‘    a = terbilang
End Function

‘ Support function to be used only by terbilang()
Function EnglishDigitGroup(ByVal N As Integer) As String
Const Ratus = ” Ratus”
Const satu = “Satu”
Const dua = “Dua”
Const tiga = “Tiga”
Const Empat = “Empat”
Const Lima = “Lima”
Const Enam = “Enam”
Const Tujuh = “Tujuh”
Const delapan = “Delapan”
Const sembilan = “Sembilan”
Dim Buf As String: Buf = “”
Dim Flag As Integer: Flag = False

‘Do Ratuss
Select Case (N \ 100)
Case 0: Buf = “”:  Flag = False
Case 1: Buf = “Seratus”: Flag = True
Case 2: Buf = dua & Ratus: Flag = True
Case 3: Buf = tiga & Ratus: Flag = True
Case 4: Buf = Empat & Ratus: Flag = True
Case 5: Buf = Lima & Ratus: Flag = True
Case 6: Buf = Enam & Ratus: Flag = True
Case 7: Buf = Tujuh & Ratus: Flag = True
Case 8: Buf = delapan & Ratus: Flag = True
Case 9: Buf = sembilan & Ratus: Flag = True
End Select

If (Flag) Then N = N Mod 100
If (N) Then
If (Flag) Then Buf = Buf & ” ”
Else
EnglishDigitGroup = Buf
Exit Function
End If

‘Do sepuluhs (except teens)
Select Case (N \ 10)
Case 0, 1: Flag = False
Case 2: Buf = Buf & “Dua Puluh”: Flag = True
Case 3: Buf = Buf & “Tiga Puluh”: Flag = True
Case 4: Buf = Buf & “Empat Puluh”: Flag = True
Case 5: Buf = Buf & “Lima Puluh”: Flag = True
Case 6: Buf = Buf & “Enam Puluh”: Flag = True
Case 7: Buf = Buf & “Tujuh Puluh”: Flag = True
Case 8: Buf = Buf & “Delapan Puluh”: Flag = True
Case 9: Buf = Buf & “Sembilan Puluh”: Flag = True
End Select

If (Flag) Then N = N Mod 10
If (N) Then
If (Flag) Then Buf = Buf & ” ”
Else
EnglishDigitGroup = Buf
Exit Function
End If

Select Case (N)
Case 0: ‘ndak ado
Case 1: Buf = Buf & satu
Case 2: Buf = Buf & dua
Case 3: Buf = Buf & tiga
Case 4: Buf = Buf & Empat
Case 5: Buf = Buf & Lima
Case 6: Buf = Buf & Enam
Case 7: Buf = Buf & Tujuh
Case 8: Buf = Buf & delapan
Case 9: Buf = Buf & sembilan
Case 10: Buf = Buf & “Sepuluh”
Case 11: Buf = Buf & “Sebelas”
Case 12: Buf = Buf & “Dua belas”
Case 13: Buf = Buf & “Tiga belas”
Case 14: Buf = Buf & “Empat belas”
Case 15: Buf = Buf & “Lima Belas”
Case 16: Buf = Buf & “Enam Belas”
Case 17: Buf = Buf & “Tujuh Belas”
Case 18: Buf = Buf & “Delapan Belas”
Case 19: Buf = Buf & “Sembilan Belas”
End Select

EnglishDigitGroup = Buf
End Function

*Jangan lupa diSAVE.
*Buat pada tampilan Excel seperti ini =terbilang(),yang dalam kurung penempatan untuk terbilangnya

*Lihat hasil pada gambar dibawah ini :

***Semoga Bermanfaat***

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s