Ms.EXcel__apl

microsoft-office

Hi,  Teman-teman yang ingin belajar mengenai Program Excel dan ingin mengetahui segala bentuk fungsi rumus yang dapat digunakan dalam program tersebut teman-teman dapat melihatnya disini. mudahkan ..?

Program Excel atau lebih lengkapnya Microsoft Office Excel adalah suatu program yang digunakan untuk berbagai kebutuhan, baik membuat tabel dan menghitung , pembuatan grafik untuk presentasi tentunya masih banyak lagi ..

klik disini untuk melihat produk microsoft office terbaru

Tutorial Excel cara menghapus isi data dalam sheet Ms. excel

————————————————————————————————————————————————————————

Belajar Tentang Fungsi AND, OR, NOT DALAM EXCEL

Rumus Excel AND, OR, NOT digunakan untuk mencari kondisi dengan hasil BENAR / SALAH. Rumus excel ini bisa juga digabungkan dengan rumus-rumus excel yang lain misalnya IF, penggabungan rumus AND dengan if bentuk formulanya adalah =IF(AND(
Baiklah agar lebih jelasnya silakan baca artikel di bawah ini
FUNGSI FORMULA AND

Rumus Fungsi AND digunakan untuk membandingkan dua atau lebih pernyataan, nilai TRUE akan diberikan jika kondisi semua pernyataan bernililai TRUE.
= AND(logical1,logical2, …)
Logical yang ingin dibandingkan bisa sampai 255.
Contoh
• =AND(TRUE, TRUE) memiliki arti semua pernyataan benar malka nilainya TRUE
• =AND(TRUE, FALSE) memiliki arti satu pernyataan salah maka nilainya FALSE
• =AND(2+2=4, 2+3=5) jika pernyataan rumus diatas semua pernyataan benar maka nilainya TRUE
FUNGSI FORMULA OR

Rumus Fungsi OR akan digunakan untuk membandingkan dua atau lebih pernyataan, nilai TRUE akan diberikan jika salah satu pernyataan bernilai benar. Bentuk penulisan dari rumus tersebut adalah
= OR(logical1,logical2,…)
Logical yang ingin dibandingkan bisa mencapai 255.
Contoh pengunaan rumus OR pada excel:
• =OR(TRUE) artinya satu pernyataan benar maka nilainya TRUE
• =OR(3+3=3,4+4=7) artinya kedua pernyataan salah maka nilainya FALSE
• =OR(TRUE,FALSE,TRUE) artinya salah satu pernyataan benar maka nilainya TRUE
FUNGSI FORMULA NOT
Rumus Fungsi NOT digunakan untuk memberikan nilai TRUE jika pernyataan yang ditulis bernilai FALSE (salah) atau sebaliknya.
=NOT(logical)
Contoh penulisan rumus NOT:
=NOT(FALSE) karena pernyatan bernilai salah maka nilainya menjadi TRUE
=NOT(1+1=2) karena pernyataan bernilai benar maka nilainya menjadi FALSE

 

——————————————————————————————-

MEMBUAT RANKING DALAM TABEL

Cara membuat ranking dengan menggunakan rumus excel ini biasanya digunakan di sekolah untuk merankink siswa berdasarkan nilai hasil ujian di sekolah. Selain itu juga perankingan ini biasa digunakan juga di perusahaan dalam merekrut karyawan berdasaran hasil test. Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan contoh penggunaan rumus excel dalam meranking nilai siswa berdasarkan nilai hasil ujian di sekolah.
Bentuk penulisan rumus excel untuk mencari ranking adalah :
=rank(no,ref,order)
Untuk lebih jelasnya silakan lihat tabel nilai berikut ini
Jika kita lihat tabel diatas siswa ranking 1 adalah Drs. Ali Ramdani. Perankingan ini didasarkan pada nilai siswa hasil ujian yang tercantum pada tabel diatas. Nah, untuk mencari ranking tersebut diperlukan rumus di cell G4 dengan formula =RANK(E4,$E$4:$E$13,0) kemudian tekan enter.
lihat hasilnya, jika selesai silakan copykan rumus tersebut ke bawah sampai dengan siswa paling akhir kemudian lihat hasilnya.
Demikian cara sederhana membuat ranking dengan menggunakan rumus excel berdasarkan hasil nilai ujian, semoga artikel singkat ini bisa membantu dalam perkerjaan di kantor Anda.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s