KOTA TERTUA

Berikut ini adalah daftar kota dengan usia yang tertua di dunia yang kami rangkum dalam artikel 5 Kota Tertua Di Dunia.

1). Gaziantep, Turki (berdiri 3650 tahun sebelum masehi)

gaziantep-Kota Tertua Di Dunia Gaziantep di Turki dulunya dikenal sebagai Antep dan saat ini jadi ibukota dari provinsi Antep. Kota ini merupakan kota tertua yang tetap tegak berdiri hingga kini. Ditinggali pertama kali oleh orang Hittite dan masih terus ditinggali sejak jaman Paleolithic, lalu tumbuh berkembang berbarengan dengan kekaisaran Ottoman yang terkenal. Sekarang Giazantep telah menjadi kota yang ramah dengan beragam masjid, sekolah madrasah, serta pemandian kuno yang dari berabad-abad silam. Rumah-rumah tua yang terbuat dari batu senantiasa mempunyai taman serta pohon anggur yang menghiasi kebun, sehingga tercipta keindahan di sudut-sudut kota Gaziantep.

2). Jerusalem, Israel (berdiri 3000 tahun sebelum masehi)

jerusalem-Kota Tertua Di Dunia Jerusalem merupakan kota suci untuk 3 agama terbesar di dunia, yaitu Islam, Nasrani, serta Yahudi. Jerusalem merupakan sebuah tempat di mana nilai kuno dipadukan dengan beragam budaya baru dengan suasana metropolisnya. Kota suci ini terbagi jadi 3 bagain, yakni Jerusalem Barat yang sangat cepat berkembang serta jadi pusat perdagangan, Jerusalem Timur sebagai area permukiman, serta Kota Tua yang mempunyai panorama alam yang menakjubkan.

3). Kirkuk, Iraq (berdiri 3000 tahun sebelum masehi)

kirkuk-Kota Tertua Di DuniaMempunyai beragam peninggalan arkeologi yang berumur lebih dari 50 abad, Kirkuk merupakan sebuah kota yang paling penting untuk orang Kurdi dan jadi pusat industri minyak bagi Iraq. Barangkali kota ini memang bukan sebuah tujuan wisata yang menarika perhatian banyak wisatawan, namun kota ini berdiri di atas bekas pusat kebudayaan kuno Asiria. Zaman dahulu, kota ini pernah jadi arena pertempuran 3 kekaisaran besar, yaitu Asiria, Babilonia, serta Media. Selain itu juga ada makam Nabi Daniel (nabi umat Kristen ) serta Qal’at Jarmo dan Yorgan Tepe yang semakin memperkuat kesan kota kuno.

4). Zurich, Swiss (berdiri 3000 tahun sebelum masehi)

zurich-Kota Tertua Di DuniaZurich adalah kota terbesar di Swiss serta juga kota tertua di benua Eropa, kota ini didirikan pada jaman Romawi dengan nama Turicum. Peninggalan dari masa lalu bisa ditemui pada beragam area di zurich, jalanan yang sempit dengan kafe, toko barang antik, serta butik. Ada juga Grossmünster serta Fraumünster, gereja kuno dengan interior yang indah. Swiss National Museum, salah satu museum yang sangat populer juga ada Zurich.

5). Konya, Turki (berdiri 2600 tahun sebelum masehi)

konya-Kota Tertua Di DuniaKonya diapit oleh 2 buah laut, yakni Laut Mediterrania serta Laut Hitam. Kota yang berada di ketinggian 1000 mtr diatas permukaan laut ini didirikan di atas stepa Anatolia. Konya merupakan kota yang sangat menarik dengan banyak museum terkenal seperti Green Mausoleum of Mevlana Celaleddin Rumi, Chaeological Museum, serta Koyunoglu Museum. (bin)