Profil Team Bola

PORTUGAL

Timnas : Portugal
Pelatih : Paulo Bento
Prestasi

:

• Posisi Ketiga Piala Dunia 1966
: • Runners up Piala Eropa 2004
Eks Bintang : Eusebio, Coluna, Rui Costa, Luis Figo

Untuk kedua kalinya berturut-turut, Portugal harus melalui babak play off untuk maju ke putaran final Piala Dunia.

Mengulangi kemenangan agregat mereka atas Bosnia Herzegovina saat lolos ke Afrika Selatan 2010 lewat babak playoff, Portugal mengalahkan Swedia 4-2 untuk mengamankan posisi mereka pada Piala Dunia 2014 Brasil.

Pahlawan mereka pada pertandingan tersebut tak lain adalah Cristiano Ronaldo yang mencetak empat gol melawan Swedia.

Portugal susah payah merebut tiket masuk putaran final Piala Dunia 2014 Brasil. Berada di Grup F, mereka finis sebagai runners up dengan nilai 21 dengan rekor memasukkan-kemasukan 20-9 gol.

Bandingkan dengan Rusia yang menjuarai grup dengan nilai 22. Rekor memasukkan-kemasukan 20-5 gol.

Undian putaran final Piala Dunia 2014 menempatkan Portugal di Grup G bersama dengan Jerman, Ghana, dan Amerika Serikat. Piala Dunia 2014 akan menjadi Piala Dunia keenam bagi Portugal.

Portugal memulai sejarah mereka di Piala Dunia pada 1966. Saat itu, Portugal mengakhiri turnamen dengan menempati posisi ketiga.

Masuk perempat final sebagai juara Grup 3, Portugal melaju ke semifinal setelah menang 5-3 atas Korea Utara. Mereka kemudian kalah 1-2 dari tuan rumah Inggris di semifinal dan pada perebutan tempat ketiga menang 2-1 atas Uni Soviet.

Pada Piala Dunia 1986 Meksiko, Portugal bertemu Inggris pada laga pertama Grup F. Tampil impresif dengan mengalahkan Inggris 1-0 pada laga pertama Grup F, Portugal tersingkir sebagai juru kunci dengan nilai dua hasil sekali menang dan dua kali kalah.

Portugal tampil untuk kali ketiga di Piala Dunia 2002 Korea Selatan-Jepang. Berada di Grup D bersama dengan Korea Selatan, Amerika Serikat, dan Polandia, Portugal mengakhiri fase grup sebagai runners up dengan nilai tiga hasil sekali menang dan dua kali kalah.

Portugal akhirnya bicara lebih banyak pada Piala Dunia 2006 di Jerman. Setelah menjadi juara Grup D yang dihuni Meksiko, Angola, dan Iran, Portugal menundukkan Belanda 1-0 di babak 16 besar.

Pada babak berikutnya, Portugal bertemu dengan Inggris dan meraih tiket semifinal setelah menang adu penalti. Langkah Portugal menuju final dipatahkan Prancis dan pada perebutan tempat ketiga mereka kalah 1-3 dari Jerman.

Cristiano Ronaldo adalah salah satu dari sedikit pemain yang konsisten bermain di level tinggi, baik di klub maupun tim nasional. Ronaldo pun sangat diharapkan membuat ‘dewi fortuna’ berpihak kepada Portugal di Piala Dunia 2014 Brasil.

Ronaldo pun dipastikan akan tetap berusaha memberikan yang terbaik untuk Portugal di putaran final Piala Dunia 2014 Brasil. Melihat kerja kerasnya selama ini, Ronaldo telah menunjukkan bahwa ia bukan pemain yang puas melihat timnya berada di posisi selain peringkat pertama dan selalu berusaha menjadi solusi bagi tim.

Bermain untuk Real Madrid sejak 2009, pemain kelahiran Madeira 5 Februari 1985 ini punya insting mencetak gol sangat tajam yang didukung teknik, ketenangan, dan tingkat akurasi tembakan tinggi.

Dari segi pertahanan, ada pasangan sentral Pepe dan Bruno Alves yang menjadi kekuatan tim nasional Portugal serta didukung oleh Joao Pereira dan Fabio Coentrao. Joao Moutinho ditugaskan sebagai detak jantung kreasi permainan di lini tengah.